Selasa, 20 April 2010

Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar

Permintaan, Penawaran,
Harga Keseimbangan dan Pasar

Ada dua kata yang tidak mungkin terpisahkan dari ilmu ekonomi. Kedua kata itu adalah permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran berasal dari dua pihak yang berbeda. Permintaan berasal dari konsumen sedangkan penawaran berasal dari produsen. Di pasar, permintaan dan penawaran akan berinteraksi. Interaksi inilah yang menjadi inti pembahasan pada bab ini.


I PERMINTAAN DAN PENAWARAN

A. Pengertian Permintaan
Suatu ketika kalian jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Banyak barang yang menarik minat kalian dan ingin kalian beli. Apakah keinginan tersebut merupakan permintaan? Jika kalian tidak dapat membeli semua barang tersebut, keinginan kalian belum dikatakan sebagai permintaan. Lalu keinginan seperti apa dikatakan sebagai permintaan? Permintaan adalah berbagai jumlah barang atau jasa yang diminta oleh pembeli pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu dan disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa tersebut dengan asumsi ceteris paribus.

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

1. Harga
Dimisalkan harga bakso Rp 3.000,00 per mangkok. Lalu karena terjadi kelangkaan daging sapi di Indonesia harga daging sapi melonjak. Pada akhirnya harga satu mangkok bakso melonjak menjadi Rp 5.000,00 per mangkok. Menghadapi hal ini, apa yang kamu lakukan? Kemungkinan besar kalian akan mengurangi konsumsi bakso dari dua mangkok bakso menjadi satu mangkok bakso.
Karena jumlah barang yang diminta menurun harga meningkat, dan jumlahnya meningkat ketika harga menurun. Maka dapat kita katakan bahwa jumlah barang yang diminta berhubungan negatif dengan harga. Hubungan jumlah barang yang diminta dengan harga seperti ini tidak hanya berlaku untuk bakso saja, namun juga berlaku untuk sebagian besar barang dan jasa.

2. Pendapatan Masyarakat
Pendapatan konsu-men turut menentukan banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta.
Semakin..tinggi pendapatan konsumen maka daya beli konsumen tersebut
semakin kuat. Akibatnya, konsumen akan mampu membeli barang dalam jumlah yang lebih besar. Sebaliknya, apabila pendapatan konsumen turun maka daya belinya akan menurun.
Disini terlihat bahwa faktor pendapatan merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi permintaan. Tinggi rendahnya pendapatan seseorang atau masyarakat akan menentukan besarnya permintaan barang dan jasa.

3. Intensitas Kebutuhan
Jika kebutuhan suatu barang sangat mendesak, maka permintaan akan bertambah. Sebaliknya jika kebutuhan suatu barang tidak mendesak, permintaan barang yang bersangkutan akan turun.
Contohnya, permintaan akan beras sangat besar karena semua rakyat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Dengan demikian kebutuhan akan beras intensitasnya tinggi.


4. Distribusi Pendapatan
Distribusi pendapatan yang semakin merata akan mempengaruhi naiknya permintaan karena seluruh lapisan masyarakat mampu melakukan pembelian. Demikian juga sebaliknya. Distribusi pendapatan yang tidak merata akan mengurangi permintaan karena golongan masyarakat tertentu saja yang mampu melakukan pembelian .

5. Pertambahan Penduduk
Peningkatan jumlah penduduk berarti pula meningkatnya jumlah permintaan terhadap barang dan jasa.

6. Selera

Faktor selera bersifat subjektif. Artinya, selera terhadap suatu barang didasarkan pada penilaian konsumen terhadap jumlah barang yang diminta. Contohnya
selera konsumen pada produk gambar tersebut meningkat, jumlah produk gambar tersebut akan mengalami kenaikan.
Pengaruh selera terhadap barang yang diminta cukup besar. Jika selera naik, jumlah barang yang diminta konsumen akan bertambah.

7. Barang Pengganti / Harga Barang Lain Yang Berkaitan
Perubahan harga barang-barang lain terutama barang yang dapat menggantikan kedudukan barang semula, akan mempengaruhi permintaan barang tersebut. Misalnya, penurunan harga elpiji yang drastic dapat mengurangi permintaan akan minyak tanah walaupun harga minyak tanah tidak berubah. Hal ini menunjukkan elpiji dapat menggantikan kedudukan minyak tanah.

C. Jenis Permintaan
1. Ditinjau Dari Komponen Yang Mengajukan
a. Permintaan Konsumen
Konsumen membutuhkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Keinginan konseumen untuk memiliki barang atau jasa akan membentuk permintaan. Besar-kecil permintaan bergantung pada pendapatan konsumen. Pendapatan konsumen yang rendah menyebabkan daya beli rendah sehingga permintaan pun menjadi rendah.
b. Permintaan Pengusaha
Untuk memproduksi barang atau jasa, pengusaha membutuhkan faktor-faktor produksi berupa tanah, gedung, mesin-mesin, kendaraan, perlengkapan kantor, alat-alat tulis, bahan dasar, dan lain-lain. Hasil produksi akan dipasarkan kepada masyarakat sehingga akan mendatangkan laba bagi pengusaha. Jika permintaan masyarakat meningkat terhadap hasil produksi, maka permintaan penguasaha meningkat sehingga kegiatan ekonomi pun akan semakin berkembang.
c. Permintaan Pemerintah
Pemerintah mengeluarkan pembelanjaan untuk menyelenggarakan pemerintah negara. Karena kegiatan tersebut, pemerintah memerlukan peralatan. Permintaan akan barang dan jasa oleh pemerintah membentuk permintaan pemerintah.
d. Permintaan Luar Negeri
Permintaan luar negeri terbentuk dari permintaan yang datangnya dari pengusaha, konsumen, dan pemerintah luar negeri melalui perdagangan luar negeri.

2. Ditinjau Drai Segi Yang Meminta
a. Permintaan Individu
Permintaan individu dating dari perseorangan untuk sejenis barang, guna memenuhi kebutuhannya. Permintaan indivdiu ini berbeda-beda dan sangat subjektif, bergantung pada kemampuan yang dimilikinya.
b. Permintaan Kolektif
Permintaan kolektif disebut juga sebagai permintaan pasar (Market demand) dan merupakan gabungan dari permintaan individu-individu. Permintaan kolektif inilah yang menjadi obyek penyelidikan para ahli ekonomi karena dapat dipakai untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu bangsa. Permintaan perseorangan dan kolektif dapat dijelaskan melalui tabel dibawah ini.
Pada tabel terlihat bahwa permintaan kolektif adalah jumlah permintaan individu terhadap suatu barang.

D. Pengertian Penawaran
Saat kalian melakukan pembelian, itu berarti ada permintaan terhadap pasar. Sedangkan saat penjual menyediakan barang, dia disebut melakukan penawaran. Sedangkan penawaran itu sendiri merupakan jumlah barang pada suatu pasar yang ingin dijual oleh penjual dalam berbagai tingkat harga pada suatu saat tertentu.

E. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
1. Biaya Produksi
Setiap produsen dalam menghasilkan barang dan jasamempunyai motif utama untuk memperoleh laba. Produsen akan menyediakan barang lebih banyak jika harga naik. Agar barang dapat disediakan lebih banyak dan laba tetap diperoleh, ongkos produksi harus ditekan.

2. Teknologi
Semakin maju alat yang digunakan untuk memproduksi barang, semakin cepat juga proses produksinya dan semakin banyak produk yang dapat dihasilkan. Adanya pemakaian teknologi dapat mengurangi jumlah pekerja yang dibutuhkan dan dapat mengurangi

3. Harapan Keuntungan
Produsen mempunyai target tertentu mengenai jumlah keuntungan yang akan diperoleh. Target keuntungan yang hendak dicapai berkaitan dengan jumlah penjualan dan artinya mempengaruhi junlah penawaran

4. Kebutuhan Akan Uang Tunai
Faktor kebutuhan akan uang tunai oleh produsen merupakan hal positif yang mempengaruhi penawaran.
Kebutuhan uang yang

mendesak, seperti untuk membayar utang atau biaya produksi membuat produsen menjual barangnya dengan harga yang lebih rendah daripada harga yang ditetapkan penjual lain.

5. Harapan Harga dimasa Yang Akan Datang
Jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen saat ini juga dapat dipengaruhi oleh perkiraan terhadap masa depan.
Misal, seorang produsen memperkirakan harga suatu barang akan meningkat bulan depan, maka produsen akan menyimpan sejumlah barangnya di gudang, untuk dijual bulan depan. Ini mengurangi jumlah penawaran saat ini.

6. Harga
Jika harga suatu barang menurun maka jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat dan sebaliknya.


F. Jenis Penawaran
1. Penawaran Perorangan
Penawran Perorangan adalah jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh seorang produsen.

2. Penawaran Pasar
Penawaran Pasar adalah keseluruhan jumlah barang sejenis yang ditawarkan oleh produsen-produsen di pasar. Penawaran pasar merupakan penawaran yang menjadi objek pembahasan masalah ekonomi sebab penawaran pasar dapat mempengaruhi pasar



Tugas Individu
Berilah tanda cek (√) dalam kolom skala sikap berikut ini !
No Pernyataan S AS KS TS Alasan
1 Pada dasarnya permintaan sama dengan keinginan atau kebutuhan.
2 Semakin tinggi harga suatu barang, maka permintaan seseorang terhadap barang tersebut semakin tinggi pula.
3 Jika tidak ada permintaan, maka tidak ada penawaran. Begitu pula sebaliknya.
4 Datangnya musim hujan memberikan pengaruh terhadap permintaan atau penawaran atas es krim.
5 Selera masyarakat terhadap motor cina meningkat, hal ini menyebabkan jumlah produksi motor cina dikurangi.

Keterangan :
S = Setuju
AS = Agak Setuju
KS = Kurang Setuju
TS = Tidak Setuju

RANGKUMAN

1. Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
- Harga
- Pendapatan Masyarakat
- Intensitas Kebutuhan
- Distribusi Pendapatan
- Pertambahan Penduduk
- Selera
- Barang Pengganti

3. Jenis-jenis permintaan :
a. Ditinjau dari komponen yang mengajukan
b. Ditinjau dari segi yang meminta

4. Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode tertentu.

5. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
- Biaya Produksi - Kebutuhan akan uang tunai
- Harapan dimasa yang akan datang - Teknologi
- Harga - Harapan Keuntungan

6. Jenis-jenis Penawaran
a. Penawaran Perorangan
b. Penawaran Pasar

EVALUASI

A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling tepat !

1. Harga suatu barang merupakan cerminan dari . . . . .
a. nilai yang dimiliki barang
b. keinginan penjual
c. keinginan pembeli
d. guna yang dimiliki barang
e. tingginya pendapatan masyarakat
2. Jika harga naik, jumlah barang yang diminta akan . . . . . .
a. naik
b. turun
c. naik pesat
d. turun drastis
e. tetap
3. Ceteris paribus dalam permintaan akan terjadi apabila...
a. faktor- faktor yang mempengaruhi permintaan berubah
b. satu faktor yang mempengaruhi permintaan berubah
c. salah satu faktor yang mempengaruhi tetap
d. faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan tetap
e. beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan berubah
4. Permintaan akan suatu barang ditentukan pihak . . . .
a. enghasil
b. pemasok
c. produsen
d. konsumen
e. distributor
5. Permintaan tenaga kerja tidak akan meningkat, jika terjadi hal . . . .
a. meningkatnya jumlah produksi
b. meningkatnya jumlah permintaan
c. meningkatnya proyek padat karya
d. meningkatnya tingkat upah
e. menurunnya harga barang modal
6. Jumlah benda pada suatu saat tentu dalam berbagai tingkat harga merupakan pengertian dari . . . .
a. penjual
b. pasar
c. penawaran
d. harga
e. benda
7. Adanya permintaan terhadap suatu barang karena manusia memiliki . . . . .
a. kekayaan yang melimpah
b. kebutuhan yang tidak terbatas
c. daya beli masyarakat tinggi
d. keinginan terhadap barang
e. alat pemuas kebutuhan
8. Di bawah ini merupakan faktor yang tidak mempengaruhi penawaran . . . . .
a. harga barang
b. teknologi informasi
c. selera konsumen
d. biaya produksi
e. harapan keuntungan
9. Di bawah ini yang merupakan jenis penawaran . . . . .
a. penawaran konsumen
b. penawaran perorangan
c. penawaran pengusaha
d. penawaran kolektif
e. penawaran pemerintah
10. Menjelang tahun baru, harga terompet naik karena . . . . .
a. persediaan barang berkurang
b. masyarakat merayakan tahun baru
c. permintaan terompet meningkat
d. pendapatan masyarakat naik
e. harga bahan baku terompet naik

B. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !

1. Apakah yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran? berilah contoh ilustrasi!
2. Bagaimana pengaruh harga barang komplementer dan barang substitusi terhadap permintaan pasar?
3. Apakah mutlak bila harga naik permintaan turun? Jelaskan dan beri contoh!
4. Jelaskan mengapa distribusi dapat mempengaruhi tingkat permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa?
5. Jelaskan hubungan antara kemajuan teknologi dan penawaran!
6. Jelaskan dengan menggunakan ilustrasi bagaimana harga-harga masukan (input) dapat mempengaruhi penawaran terhadap suatu barang di pasaran!
7. Sebutkan faktor- faktor yang mempengaruhi penawaran!

C. Jawablah pernyataan di bawah ini dengan tepat!
Petunjuk:
A. jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya berhubungan.
B. Jika pernyataan benar, alasan benar tetapi keduanya tidak berhubungan.
C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan salah.
1. Jumlah barang yang diminta konsumen disuatu pasar dalam berbagai tingkat harga disebut permintaan
SEBAB
Harga mempengaruhi jumlah barang yang diminta
2. Perubahan selera termasuk faktor yang mempengaruhi permintaan.
SEBAB
Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan selain harga antara lain pertambahan penduduk, barang substitusi, pendapatan masyarakat termasuk selera masyarakat.
3. Permintaan potensial adalah permintaan yang diikuti kemampuan membeli serta merealisasikannya.
SEBAB
Permintaan yang diikuti kemampuan membeli tetapi belum direalisasikan adalah permintaan efektif.
4. Jumlah barang yang akan terjual pada suatu pasar pada berbagai tingkat harga disebut skala penawaran.
SEBAB
Harga naik mengakibatkan permintaan berkurang, penawaran bertambah.
5. Faktor- faktor yang mempengaruhi penawaran antara lain tingkat tekhnologi, harapan, jumlah produsen di pasar.
SEBAB
Pendapatan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran selain harga.

D. Soal Analisa
Bacalah artikel di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaannya !

Harga telur itik di pasar tradisional di Solo, sejak awal musim kemarau lalu terus mengalami kenaikan, salah satunya akibat sulitnya pedagang mendapatkan komoditas itu.
Musim kemarau menyebabkan itik pangon tidak mau bertelur. Hal ini disebabkan sawah tempat mencari makan kini kering. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, akhirnya pedagang hanya bisa mengandalkan pasokan dari peternak yang bukan pangon.
Berdasarkan pantauan di pasar tradisional, kelangkaan telur itik menyebabkan harga komoditas itu mengalami kenaikan. Harga jual telur yang semula Rp 800, 00 per butir, saat ini uang sebanyak itu baru cukup untuk kulakan dari peternak.
Adapun untuk telur asin, harga jualnya di pasaran telah mencapai
Rp 1.200, 00 per butir. Padahal biasanya harga telur asin hanya sekitar
Rp 1.000, 00 per butir.
Memasuki masa lebaran, dua pekan lalu, pedagang mengaku penjualan telur itik di kios mereka mengalami kenaikan. Penjualan telur yang biasanya hanya sekitar 300- 400 butir per hari, beberapa hari sebelum lebaran meningkat menjadi sekitar 800 butir per hari. Tingginya permintaan konsumen, dinilai oleh pedagang juga menjadi salah satu penyebab makin langkanya dan makin mahalnya telur itik di pasaran.

Pertanyaan:
1. Apakah yang menyebabkan penurunan penawaran telur itik dari
bacaan di atas?
2. Apakah yang menyebabkan peningkatan permintaan telur itik dari
bacaan diatas?
3. Bagaimana cara pedagang menjaga pasokan telur?

2 komentar:

  1. boleh minta kunci jawaban dari soal2 di atas ???

    BalasHapus
  2. Halo semuanya!

    Nama saya zaini, saya dari Indonesia, saya sudah menikah, saya sudah mencari perusahaan pinjaman yang tulus selama 3 bulan terakhir dan yang saya dapatkan adalah banyak penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya , Mereka mengambil semua uang saya dan tersisa dengan uang lebih sedikit, saya kehilangan semua harapan, saya menjadi bingung dan frustrasi, saya kehilangan pekerjaan saya dan sangat sulit bagi saya untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun, saya tidak akan meminjamkan lebih banyak kepada perusahaan, jadi saya pergi untuk meminta saya meminjamkan uang kepada seorang teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia mengatakan dia dapat membantu saya, bahwa dia tahu sebuah perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya, bahwa dia baru saja mendapat pinjaman dari mereka , dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya, saya memintanya, saya tidak pernah percaya tetapi saya mencobanya dan saya terkejut saya mendapat pinjaman dalam 24 jam, saya tidak percaya apa yang saya lihat, hari ini saya bahagia dan kaya dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa Perusahaan Pinjaman seperti ini masih ada meskipun dalam tingkat penipuan di semua tempat dan saya berjanji untuk membagikan kabar baik kepada orang-orang dari indonesia, tolong saya menyarankan semua yang membutuhkan pinjaman untuk pergi ke Dante Paola pemilik Bantuan Koperasi Dante Melalui email: dantecooperativehelp@hotmail.com, untuk obrolan cepat Anda dapat mencapai Dante via Whatsapp: +393511067514 Mereka tidak akan pernah gagal, tetapi untuk mengubah hidupmu seperti milikku.

    Terima kasih

    Zaini

    BalasHapus