RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
d) Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a) Pengertian kebutuhan
b) Macam-macam kebutuhan
c) Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
d) Pengertian benda pemuas kebutuhan
e) Macam-macam benda pemuas kebutuhan
f) Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tak terbatas.
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
3. Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
d) Siswa dapat bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
B. Materi Pokok
Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya ekonomi
C. Uraian Materi
a) Pengertian kelangkaan
b) Penyebab kelangkaan
c) Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
d) Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan. Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah kelangkaan adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan sikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
Indikator : 1. Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
3. Mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
b) Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi barang.
c) Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa barang diproduksi.
B. Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
C. Uraian Materi
a) Barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b) Bagaimana cara memproduksi barang.
c) Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga harus dipahami dengan tuntas.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan untuk siapa barang barang diproduksi.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator : 1. Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
2. Kurva kemungkinan produksi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
b) Siswa dapat menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
B. Materi Pokok
Hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
C. Uraian Materi
a) Arti biaya sehari-hari dan biaya peluang
b) Kurva kemungkinan produksi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan yang menyebabkan individu harus membuat pilihan. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai konsep biaya peluang dan kurva kemungkinan produksi sangat diperlukan untuk mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
4. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
5. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
b) Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
c) Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
d) Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
e) Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
B. Materi Pokok
Sistem ekonomi
C. Uraian Materi
a) Pengertian sistem skonomi
b) Sistem ekonomi tradisional
c) Sistem ekonomi pasar
d) Sistem ekonomi komando
e) Sistem ekonomi campuran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya sistem ekonomi, macam-macam sistem ekonomi, dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
b. Motivasi
Sistem ekonomi berpengaruh pada kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi tradisional.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi pasar.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi komando.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi campuran.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
Indikator : 1. Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
2. Membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
3. Mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
4. Menerapkan pola hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
5. Membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
6. Mendeskripsikan teori produksi.
7. Mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
b) Siswa dapat membuat kesimpulan tentang hukum Gossen.
c) Siswa dapat mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
d) Siswa dapat hidup hemat dan bersahaja.
e) Siswa dapat membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
f) Siswa dapat mendeskripsikan teori produksi.
g) Siswa dapat mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
B. Materi Pokok
Perilaku konsumen dan produsen
C. Uraian Materi
a) Manfaat dan nilai suatu barang
b) Hukum Gossen I dan II
c) Teori perilaku konsumen
d) Pola hidup hemat dan bersahaja
e) Persamaan produksi
f) Teori produksi
g) Perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi-materi yang lalu tentang kebutuhan, kelangkaan dan sistem ekonomi. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan produsen sebelum siswa melihat tayangan yang berhubungan dengan perilaku konsumen dan produsen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai perilaku konsumen dan produsen sangat penting karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa sehari-hari dan dapat mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian konsumsi, membuat kesimpulan tentang hukum Gossen, dan mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan kardinal.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan ordinal.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian produksi, persamaan produksi, faktor produksi, dan mengidentifikasi kegiatan produksi yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan produksi total, produksi marjinal dan produksi rata-rata.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan hukum produk marjinal yang semakin menurun.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram
Indikator : 1. Membuat model Circular Flow Diagram
2. Mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat membuat model Circular Flow Diagram.
b) Siswa dapat mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram.
B. Materi Pokok
Circulair Flow Diagram
C. Uraian Materi
a) Circular Flow Diagram
b) Manfaat Circular Flow Diagram
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang kegiatan ekonomi antarpelaku ekonomi.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai Circular Flow Diagram akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membuat Circular Flow Diagram.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
Indikator : 1. Mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
2. Mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mengidentifikasi peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b) Siswa dapat mengidentifikasi peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
B. Materi Pokok
Peran konsumen dan produsen
C. Uraian Materi
a) Peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b) Peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang circular flow diagram dan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh konsumen dan produsen. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan peran konsumen dan produsen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai peran konsumen dan produsen sangat penting karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi peran konsumen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi peran podusen.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
4. Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
d) Siswa dapat menggambar kurva permintaan dan penawaran.
B. Materi Pokok
Permintaan dan penawaran
C. Uraian Materi
a) Pengertian permintaan
b) Pengertian penawaran
c) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
d) Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
e) Kurva permintaan dan penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan permintaan dan penawaran. Kemudian guru menggali pengetahuan siswa tentang permintaan dan penawaran.
b. Motivasi
Konsep permintaan dan penawaran adalah konsep dasar yang terdapat di pasar, sehingga pemahaman mengenai permintaan dan penawaran akan mempermudah pemahaman tentang pasar.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
Indikator : 1. Menginterpretasikan hukum permintaan dan penawaran
2. Memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menginterpretasikan hukum permintaan.
b) Siswa dapat memberi contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran.
B. Materi Pokok
Hukum permintaan dan penawaran
C. Uraian Materi
a) Hukum permintaan
b) Hukum penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pengertian permintaan dan penawaran dan menjelaskan kaitannya dengan pembahasan materi yang baru tentang hukum permintaan dan penawaran. Kemudian guru menguraikan dengan jelas isi dan asumsi dari hukum permintaan dan penawaran.
b. Motivasi
Hukum permintaan dan penawaran adalah materi yang sangat krusial dan akan terus berlaku dalam ilmu serta kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan hukum permintaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan hukum penawaran.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan.
Indikator : 1. Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan kurvanya.
2. Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
3. Mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan grafiknya.
b) Siswa dapat mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
c) Siswa dapat mendeskripsikan elastisitas dan jenis-jenisnya.
B. Materi Pokok
Harga keseimbangan
C. Uraian Materi
a) Fungsi permintaan
b) Fungsi penawaran
c) Kurva permintaan
d) Kurva penawaran
e) Harga dan jumlah keseimbangan
f) Elastisitas permintaan dan penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan transaksi jual beli di suatu pasar. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai harga dan jumlah keseimbangan akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan grafiknya.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan grafiknya.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
Indikator : 1. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
2. Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang
3. Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar
4. Memberi contoh berbagai bentuk pasar
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
b) Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
c) Siswa dapat mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari bentuk pasar.
d) Siswa dapat memberi contoh berbagai bentuk pasar.
B. Materi Pokok
Pasar barang
C. Uraian Materi
a) Pengertian berbagai bentuk pasar barang
b) Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
c) Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
d) Contoh berbagai bentuk pasar
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat kegiatan berbagai bentuk pasar barang. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
b. Motivasi
Siswa dapat membedakan berbagai bentuk pasar barang.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan sempurna.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar monopoli.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar oligopoli.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh pasar persaingan monopolistik.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.5 Mendeskripsikan pasar input (pasar faktor produksi).
Indikator : 1. Mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi
2. Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal
3. Menjelaskan TPP, MPP, dan MRP
4. Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah
5. Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja
6. Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal
7. Mendeskripsikan laba pengusaha
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mengidentifikasi pentingnya analisis harga faktor produksi.
b) Siswa dapat mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
c) Siswa dapat menjelaskan TPP, MPP, dan MRP.
d) Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e) Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f) Siswa dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g) Siswa dapat mendeskripsikan laba pengusaha.
B. Materi Pokok
Pasar input
C. Uraian Materi
a) Analisis harga faktor produksi
b) TPP, MPP, dan MRP
c) Sewa tanah
d) Upah pekerja
e) Bunga modal
f) Laba pengusaha
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pasar barang. Kemudian guru memberikan penjelasan tentang pasar input dan menguraikan perbedaan pasar input dengan pasar barang.
b. Motivasi
Siswa dapat mengetahui pentingnya pasar input dan membedakan pasar input dengan pasar barang.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pentingnya analisis harga faktor produksi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan TPP, MPP, dan MRP.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan laba pengusaha.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar